You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Petugas dan Warga Kerja Bhakti Merefungsi Kali Anak Ciliwung
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Kali Anak Ciliwung Direfungsi

Ratusan warga dan petugas gabungan hari ini melakukan refungsi Kali Anak Ciliwung dengan membongkar bangunan milik warga RW 01, 04 dan RW 08 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, yang selama ini berdiri di bantaran kali. Kegiatan ini melibatkan 500 warga dibantu 450 personel Satpol PP, Sudin Kebersihan Jakarta Utara, TNI dan Polri. Setidaknya ada 714 bangunan sepanjang 1,5 kilometer di bantaran Kali Anak Ciliwung lama yang jadi sasaran kegiatan refungsi tersebut.

Jadi warga sudah menyadari bangunan rumah mereka berdiri di atas bantaran yang merupakan lahan negara. Petugas kita hanya membantu warga kerja bakti membongkar rumahnya

Asisten Pemerintahan Jakarta Utara, Rusdiyanto mengatakan, dari seluruh bangunan yang terdampak revitalisasi, sebanyak 386 di antaranya dibongkar habis. Sedangkan sisanya bervariasi antara 1-5 meter dibongkar dari bantaran.

DKI Konsisten Refungsi Bantaran Kali Anak Ciliwung

"Jadi warga sudah menyadari bangunan rumah mereka berdiri di atas bantaran yang merupakan lahan negara. Petugas kita hanya membantu warga kerja bakti membongkar rumahnya," ujar Rusdi, Rabu (3/6).

Diakui Rusdi, hingga kini pihak Pemkot Jakarta Utara tidak mengeluarkan Surat Perintah Bongkar (SPB). Sebab, tanpa ditertibkan warga sudah rela melakukan pembongkaran rumahnya sendiri. Selanjutnya, terhadap para pemilik bangunan yang sudah ber-KTP DKI Jakarta, akan direlokasi ke Rusunawa Marunda. Hingga saat ini, sudah sebanyak 200 kepala keluarga (KK) mendaftar untuk direlokasi. Pemerintah juga akan memfasilitas warga memindahkan sekolah anaknya ke sekolah yang dekat dengan Rusunawa Marunda.

Tahapan pembongkaran rumah tersebut direncanakan selesai sebelum pertengahan Juni nanti. Selain itu, secara paralel sudah dilakukan normalisasi untuk mengangkat lumpur yang memenuhi kali.

"Kita masih memverifikasi permohonan warga. Setelah valid baru akan dilakukan pengundian unit rusun," jelasnya.

Ina (35) warga bantaran mengaku bersyukur tempat tinggalnya direlokasi. Ia yang mengaku sudah 15 tahun tinggal di bantaran kini akan memulai kehidupan baru tinggal di Rusunawa Marunda.

"Saya sih yang penting bisa jualan nasi lagi di sana. Mungkin saya akan jualan di KBN Cakung," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1017 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye948 personAldi Geri Lumban Tobing